Wednesday 19 October 2016

Kiat Jitu Meningkatkan Performa Laptop lebih Optimal

Beberapa hari yang lalu, teman kerja saya mengalami masalah dengan laptopnya. OS Windowsnya selalu proses terus (dengan tanda muter2 terus) saat baru dinyalakan. Akibatnya kinerja program-program lain yang ada di laptop terhambat. Dan akhirnya dia ngasih tugas saya untuk menyelesaikan masalah ini.


Untuk mengatasi masalah ini, langkah pertama, yang saya lakukan adalah cek ketersediaan memori hardisk untuk drive tempat Windows melalui Windows Explorer. Ternyata, memori drive c yang digunakan windows sudah penuh dan sisanya hanya beberapa mb saja. Mungkin ini salah satu penyebab OS windows tidak berjalan dengan baik.

Tindakan selanjutnya yang saya lakukan adalah menggunakan tool Disk Cleanup pada drive c, untuk membersihan data yang tidak dibutuhkan, lalu menguninstal beberapa program yang jarang digunakan dan terakhir menggunakan aplika defrag untuk agar kinerja OS windows di laptop makin optimal.

Meskipun dengan langkah sederhana tersebut ternyata cukup baik. Dan yang terpenting, laptop teman saya dapat kinerjanya normal kembali dan berjalan lagi dengan baik.

Dari kasus di atas, saya makin tertarik untuk mencari bagaimana cara yang efektif untuk mengoptimalkan kinerja OS window laptop.

Dan berdasarkan hasil googling dari beberapa blog, untuk optimalkan kinerja OS windows di laptop kita, dapat dengan cara sebagai berikut: 

1. Hapus file sampah di Recycle Bin. File sampah yang sementara belum dihapus dapat memperlambat kinerja suatu komputer/ laptop, jadi alangkah baiknya jika anda menghapusnya. Cara mengapus dengan klik kanan icon Recycle Bin kemudian pilih Empty Recycle Bin.

2. Gunakan Tool Disk Cleanup. Tool ini berfungsi untuk menghapus file sementara/sampah pada setiap drive. Jadi tinggal pilih drive mana saja yang ingin dibersihkan dari file-file sementara/sampah. Cara menghapus dengan klik kanan drive yang ingin dibersihkan > pilih Properties kemudian pilih Disk Cleanup.



3. Gunakan Tool Disk Defragmenter. Tool ini berfungsi untuk menyusun ulang data yang terfragmentasi. Cara menggunakan tool ini dengan klik kanan drive yang ingin didefrag > pilih Properties > kemudian pilih Defragment now pada tab Tools.



4. Hapus atau Uninstall program yang tidak penting. Cara menguninstal dengan melalui klik Start > Control Panel > Uninstall a program kemudian uninstall program yang ingin dihapus.

5. Kurangi program yang berjalan pada Startup awal. Tujuannya adalah menonaktifkan program apa saja yang benar-benar tidak perlu berjalan di startup awal dengan cara tekan tombol Win+R > ketik msconfig > pilih tab Startup kemudian uncheck program yang ingin dinonaktifkan. Atau juga bisa menggunakan program CCleaner untuk menonaktifkan program yang berjalan di startup.

6. Gunakan program Antivirus. Banyak virus termasuk malware dan spyware akan menyebabkan kinerja suatu laptop menjadi lambat dan bisa juga merusak file kita. Silakan menginstal antivirus yang tepat,yang malah memperlambat kinerja laptop.

Selamat mencoba, moga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment